Pages

Subscribe:

Senin, 05 November 2012

Tentang Komunitas Kalijaga

Latar Belakang
 -Di kecamatan Piyungan terdapat beberapa sungai dan anak sungai. Sungai    yang sepanjang musim selalu mengalir diantaranya adalah Kali Gawe, Kali Opak dan Kali Winih.
-Sungai ini memiliki banyak fungsi, disamping untuk sarana irigasi, MCK, juga berfungsi sebagai salah satu sumber mata pencaharian sebagian masyarakatBahkan sebagian masyarakat yang memiliki hobimancingtak jarang selalu berada dikawasan ini.
-Kelestarian ekosistem sungai ternyata berpengaruh sekali terhadap lingkungan sekitar. Pada era tahun 1980-an banyak didapati warga masyarakat yang mengandalkan hidupnya sebagai pencari ikan baik disepanjang Kali Opak maupun Kali Gawe. Namun akhir-akhir ini jarang didapati warga yang mencari ikan disungai, karena memang sudah jarang sekali terdapat ikan yang besar.
 PERMASALAHAN
    -Ketidak seimbangan ekosistem juga berpengaruh terhadap kelompok petani ikan dibeberapa tempat, seperi; Kembangsari, Kwasen, Wanujoyo, Pos Piyungan dan lain-lain.. Dengan langkanya ikan di sungai, menyebabkan rantai makanan menjadi terputus. Lingsang (Regul) yang dahulunya adalah predator dengan memangsa ikan di sungai, sekarang lebih sering menyerang kolam-kolam milik petani sehingga mengakibatkan kerugian di kalangan petani ikan.
-Langkanya ikan disungai, dan rusaknya ekosistem sungai disebabkan oleh beberapa hal;
-Pengerukan pasir dan batuan sungai, menyebakan arus air sungai menjadi deras dan rumpun persembunyian ikan menjadi hilang.
-Pencarian ikan dengan cara mengobat, setrum maupun jala-jaring, mengakibatkan ikan yang kecil-kecil ikut mati. Sehingga kelangsungan hidup ekosistem sungai menjadi punah.
-Pembuangan sampah dan limbah ke sungai, menyebabkan air sungai menjdi kotor dan beracun sehingga ikan tidak bisa hidup di air tersebut.
 TUJUAN
         -Mengembalikan keseimbangan alam,
-Menjaga kelestarian sungai dan ekosistem yang ada di dalamnya,
-Mengurangi kerugian petani ikan akibat serangan lingsang (regul),
-Mewacanakan kawasan wisata sungai di wilayah kecamatan Piyungan

0 komentar:

Posting Komentar